• Kategori

  • Arsip

Apa dan Siapa

Tentang Pena Pedagogis

Pena Pedagogis itu apa? Blog yang menjadi tempat para guru dan para murid untuk berlatih menulis dengan wahana blog melalui sayembara menulis atau/dan komunitas menulis. Langkah pertama fokus pada menyelenggarakan sayembara menuli. Semoga bisa secara berkala.

Siapa pemilik Peda Pedagogis? Para guru dan para murid yang mengikuti sayembara dan tentu saya pribadi, seorang blogger yang mendiami www.munggur.wordpress.com. Tentu bila di kemudian hari ada yang berminat membantu pengelolaannya bersama, tangan lebar terbuka. Untuk sementara saya pribadi yang mengurus semuanya.

Apa aktivitas Pena Pedagogis? Mengadakan sayembara menulis yang (rencananya) seluruh karya tulis yang masuk dipublikasikan di blog Pena Pedagogis. Langkah berikutnya adalah menjadi wahana mengasah kemampuan menulis dan beropini.

Mengapa sayembara menulis? Menumbuhkan semangat berkompetisi untuk menghasilkan karya tulis yang berkualitas. Sayembara juga mendorong banyak penulis muda, yaitu guru dan murid, untuk menjadikan menulis sebagai kebiasaan dan/atau hobi.

Seberapa validkah kumpulan menulis ini? Ini langkah pertama. Saya, sebagai pencetus Pena Pedagogis pun masih berproses bagaimana caranya menyelenggarakan sayembara menulis dengan media blog. Mungkin saja, ini kali pertama ada sayembara menulis yang ditujukan khusus untuk blogosphere.

Kapan Pena Pedagogis berdiri? 25 November 2007 dini hari.

Apa visi Pena Pedagogis? Memasyarakatkan budaya menulis, teknologi media publik sederhana blogging dan mendorong semangat kompetisi untuk mengasah kemampuan menulis ala blog untuk dunia kependidikan di tanah air.

Mengapa Pena Pedagogis khusus ditujukan untuk dunia kependidikan? Alasannya sederhana. Menulis dapat mempertajam logika, menciptakan iklim kondusif untuk berbagi opini dan wahana untuk mengekpresikan diri. Berangkat dari wacana Guru-guru, Mari Blogging, Ide Kompetisi Menulis untuk Murid Sekolah dan Belajar Menulis dengan Blog untuk Murid SMU. Selain itu juga minat saya pribadi akan dunia kependidikan melalui kemampuan menulis.

Apa hadiah bagi pemenang sayembara menulis? Surat keterangan pemenang lomba dan SGD 25 (sekitar Rp. 150.000,-) yang berasal dari kantong saya pribadi. Memang tidak banyak namun semoga bisa menjadi insentif menulis. Pengalaman menulis itu sendiri tentu jauh lebih berharga daripada hadiah yang bisa dihitung secara nominal.

Apa yang bisa saya lakukan untuk mendukung Pena Pedagogis? Anda bisa menyebarluaskan Pena Pedagogis ke blogosphere dan khususnya guru dan murid sekolah. Selain itu Anda juga bisa memberi umpan balik dan saran pengelolaan dan penyelenggaraan sayembara menulis melalui halaman Umpan Balik di blog Pena Pedagogis.

Pengelola Blog Pena Pedagogis